Tipe Data PHP Part 3 – Tipe Data Boolean Pada PHP

Febri Hidayan Komentar

Tipe Data PHP Part 3 – Tipe Data Boolean Pada PHP

Ternyata kita sudah sampai ke tipe data part 3 dan ada dua lagi yang harus kita pelajari di pembelajaran kita nantinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tipe data Boolean, apa sih tipe data Boolean itu? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Tipe Data Boolean Pada PHP

Tipe data boolean adalah tipe data yang memiliki dua nilai dan tidak lebih diantaranya yaitu nilai benar (true) dan salah (false). Pada tipe data boolean kita bisa menggunakannya dalam masalah penilaian, kita bisa memunculkan nilai tersebut dengan menggunakan tipe data boolean. Sebenarnya yang kita lakukan dalam menggunakan perintah if, if else dan lainnya yang memiliki nilai benar dan salah dalam melakukan eksekusi pada kondisi pada setiap perintah yang ada. Bagaimana dengan menggunakan tipe data boolean yang mudah kita pahami, silakan lihat di bawah ini.

Kode Tipe Data Pada PHP
<?php
	$nilai = true;

	if ($nilai) {
		echo "hasil bernilai true";
	}else {
		echo "hasil bernilai false";
	}
?>

Hasil Web Brower (Xampp)

Pada contoh diatas hasilnya menunjukan nilai true ataupun benar, bagaimana bisa menghasilkan nilai true? Pada penggunaan variabel $nilai yang berisi nilai true maka hasilnya memunculkan nilai true, sebaliknya jika nilai pada variabelnya bernilai false maka hasilnya juga bernilai false, kalau begitu silakan coba sendiri nilai false-Nya. Pada pengodeannya kita menggunakan perintah if dan else sebagai mana perintah if sebagai nilai true dan perintah else sebagai nilai false. Bagaimana bisa mengetahu nilai true dan false pada variabelnya? karena bagian if($nilai) sebagai pengambil data yang ada pada nilai variabelnya baik itu berisi nilai true dan false maka perintah if dan else akan mencocokan nilai yang akan dimunculkan. Semoga jelas pembelajaran kita kali ini yyaaaa! Sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Category PHPTags Dasar PHP Tipe Data PHP


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *