Hai semuanya!

Ini adalah website lama kami, pada akhir agustus 2020 website ini akan di ahlikan ke https://sekolahprogram. Website yang baru Anda bisa diskusi, membuat artikel dan membagikan karya aplikasi mu.


New Sekolah Program

Sistem Login Register Part1 – Cara Menyusun File Dan Folder

Febri Hidayan Komentar

Sistem Login Register Part1 – Cara Menyusun File Dan Folder

Pada kesempatan kali ini merupakan tutorial pertama kita yang bisa kita coba untuk menambah ilmu kita. Sekarang kita akan membuat struktur folder dan file agar semua data project kita tidak berantakan.

Cara Menyusun File Dan Folder

Kenapa kita harus melakukan hal ini? Untuk membuat suatu project aplikasi web kita harus membuat folder sebagai katagori utama yang paling penting. Jadi kita harus sudah membayangkan kedepannya bakal jadi apa folder kedapannya. Pada kesempatan kali ini saya gak terlalu banyak menyampaikan, hanya saja betapa pentingnya untuk menyusun folder yang baik nanti.

Langka 1

Sebelumnya kita harus sudah menginstall Xampp terlebih dahulu dan Text Editor misalnya Atom, Sublime Text3, atau Notepad++. Terserah mau pakai Text editor apa saja yang penting nyaman buat kita, sedangkan saya menggunakan Atom sebagai pembuatan project biasanya. Setelah ini buka folder htdocs dan buat nama folder loginregister, setelah itu add folder di Text Editor masing-masing.

Baca juga: Cara Pintar Memilih Text Editor

Langka 2

Pada langka kedua kita harus membuat folder dan filenya seperti gambar di bawah ini. Khusus folder public bisa langsung di download public.rar ? register dahulu sebelum download.

Silakan simak penjelasan masing masing foldernya

  • Public digunakan untuk menyimpan sebuah file khusus css, js, font, atau lainnya yang berupa folder khusus yang bisa langsung dilihat oleh siapapun.
  • Template kalau yang satu ini digunakan untuk menyimpan template yang berupa header, footer, navbar, sedebar, atau yang lainnya. Jadi kita hanya memanggil foldernya saja, dan akan menghemat size project kita.
  • Vendor khusus folder ini untuk menyimpan semua perintah script yang berhubungan kesemua data yang akan dijalankan bersamaan.
    • Class digunakan untuk semua data yang berupa class.
    • Database didalam folder ini semua berhubungan interaksi ke database MySQL dan terdapat file koneksinya.
    • Functions folder ini dikhusukan untuk membuat validasi atau script siap pakai yang digunakan dibeberapa perintah sekaligus. Jadi kita hanya membuat satu fungsi lalu kita gunakan di beberapa script lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas tentang tutorial kali ini. Lebih dan kurang saya mohon maaf dan sampai jumpa ke pelajaran berikutnya.

Baca juga: Sistem Login Register Part2 – Menyusun HTML, CSS, dan jQuery

Category PHPTags Sistem Login Register


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *