Hai semuanya!

Ini adalah website lama kami, pada akhir agustus 2020 website ini akan di ahlikan ke https://sekolahprogram. Website yang baru Anda bisa diskusi, membuat artikel dan membagikan karya aplikasi mu.


New Sekolah Program

Cara Membuat Koneksi PHP Dengan Database MySQL

Febri Hidayan 1 Komentar

Cara Membuat Koneksi PHP Dengan Database MySQL

Pada saat menggunakan koneksi di PHP ada beberapa cara koneksi yang bisa kita lakukan yang pertama menggunakan PDO dan MYSQLI. MYSQLI ada dua jenis yaitu OOP dan Procedural. Akan tetapi kita menggunakan PDO sebegaimana yang telah disesuaikan dengan judulnya.

Pertama yang harus kita butuhkan adalah text editor seperti sublime text, notepad++, ataupun atom. Kedua adalah browser apa saja akan tetapi yang lebih disarankan adalah Mozilla Firefox dan juga Google Chrome. Ketiga ialah melakukan membuat file baru dengan format dotPHP (.php), biasanya yang menggunakan server sepertiXamppfile disimpan di folder htdocs. Apa bila teman-teman menggunakan Mamp maka disimpan di folder www. Selanjutnya kita mengatifkan server kita terlebih dahulu, pasti teman-teman sudah tahu dong cara mengatifkannya. Kalau belum tahu maka Cuma aktifkan Apache dan MySQL dengan klik start (xampp) dan klik start saja kalau menggunakan mamp.

Baca juga: Cara Membuat Database MySQL Pada phpMyAdmin

Sekarang kita membuat folder baru dengan nama database-mysql dan file-Nya koneksi.php, nama folder dan file boleh teman-teman ubah. Simpan folder database-mysql di folder htdocs. Sebelum melakukan pengodingan lebih baik memahami terlebih dahulu apa saja yang harus kita pahami saat mengoneksi ke database.

Langka1

mysqli_connect adalah cara kita untuk menyambungkan koneksi ke database yang memiliki empat parameter yaitu (host, user, password, nama database).

Langka2

menguji koneksi dengan perintah if($sql) dan kita bisa menggunakan tanda seru (!) makan itu kebalikannya. Nanti kita akan lihat perbedaannya jika tidak menggunakan tanda seru (!) lihat saja di tabel pengodean.

Langka3

silakan teman-teman copy saja hasil pengodeannya di bawah ini, disarankan tidak langsung copy biasakan untuk menulis tangan agar terbiasa dengan cara penggunaannya.

Kode Koneksi Ke Database MySQL
<?php
  $server   = 'localhost'; // 127.0.0.1
  $user     = 'root';
  $pass     = '';
  $db_name  = 'db_siswa';

  // menyambungkan koneksi
  $sql = mysqli_connect($server, $user, $pass, $db_name); // cara pertama
  $sql1 = mysqli_connect('localhost', 'root', '', 'db_siswa'); // cara kedua

// menguji koneksi
  if ($sql) {
    echo 'berhasil terkoneksi';
  }else{
    echo 'gagal terkoneksi';
  }
// menguji koneksi kedua
  if (!$sql1) {
    echo 'gagal terkoneksi';
  }

  // menutup koneksi
  mysqli_close($sql);
 ?>

Pada cara koneksi kedua pada pengodeaan di atas merupakan cara mudah dan cepat akan tetapi jangan sampai teman-teman merubah tata letak parameternya, jika salah letak maka akan terjadi error Access denied. Pada saat mengkoneksi database kita harus menutup koneksinya.

Keterangan: baca dulu penting!

Buat teman teman yang telah berhasil melakukan koneksi ke database gak ada salahnya kalau ada beberapa hal yang akan saya sampaikan. Pertama kita sudah memiliki sebuah website dan website kita sudah live, maka nilai pada parameter bisa saja berubah baik dari host, user, password, nama_database­. Biasanya parameter tersebut bisa kita sesuaikan sendiri nantinya. Semua itu sudah menjadi hak penuh kita untuk menjaga koneksi database, misalnya kita tidak ingin dong teman kita sendiri tahu nama database kita dan apalagi sampai tahu user dan password databasenya. Maka kita harus membuat serumit mungkin user dan passwordnya, bukan berarti harus panjang ya! ntarlupa. Kedua ialah kita tidak perlu menampilkan penguji koneksi apabila sudah live website kita, karena kita tidak ingin pengunjung tahu website tersambung ke database atau terjadi gagal terkoneksi ke database, maka kita tinggal berikan //komentar saja agar tidak dieksekusi. Oke terimakasih yang telah membacanya semoga teman-teman paham maksud saya. Dan sampai jumpa ke pembelajaran berikutnya.

Category PHPTags Database MySQL Xampp


  • Mari Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *