Belajar Dasar PHP Part 1 – Pengertian PHP dan Fungsinya

Febri Hidayan Komentar

Pengertian PHP

PHP adalah bahasa pemograman untuk dijalankan melalui halaman web, umumnya digunakan untuk mengelolah informasi di internet. Sedangkan dalam pengertian lain PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor dimana bahasa pemograman web server side yang bersifat open soucre atau gratis. Php juga merupakan script yang menyatukan dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embeddes scripting).

PHP adalah bahasa yang paling populer pada saat ini yang sekaligus paling banyak yang menggunakannya. PHP juga digunakan untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Dinamis bararti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diterima oleh client server. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima oleh client server yang terbaru atau up to date. Semua script PHP sieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan.

PHP juga dapat kita lihat sebagai pilihan lain dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan juga CGI/Perl. Contoh aplikasi yang paling kompleks yaitu CMS kepanjangan dari Content Management System yang dibangun menggunakan PHP antara lain adalah WordPress, Joomla, Dulpa, Mambo, Postnuke, dan masih banyak lagi. Untuk CMS sendiri kita juga bisa membuatnya sendiri akan tetapi sangat tidak mungkin kalau kita tidak punya waktu untuk membuatnya.

Category PHPTags Dasar PHP


Mari Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *