Tutorial lengkap dan baru

Belajar HTML Untuk Pemula Tutorial PHP Untuk Pemula

Belajar Dasar HTML Part 6 – Mengenal Struktur Dasar HTML

Febri Hidayan 2 Komentar

Belajar Dasar HTML Part 6 – Mengenal Struktur Dasar HTML

Didalam HTML memiliki struktur yang berupa bagian bagian tertentu dan mengenal fungsi fungsi setiap strukturnya. Untuk lebih mengenal lebih dalam silakan simak dengan seksama pada artikel ini.

Struktur Dasar HTML

Setiap halaman website memiliki struktur tersendiri, dimana struktur struktur dasar itu berupa tag yaitu DOCTYPE, tag html, tag head, dan tag body. Ini merupakan struktur dasar pada HTML yang kita akan gunakan untuk membuat halaman website HTML. Agar lebih paham strukur yang ada pada HTML kita bisa lihat contoh dibawah ini sebagi berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Sekolah Program</title>
</head>
<body>
mengenal struktur dasar HTML
</body>
</html>

Hasil saat dijalankan di browser:

Loh kok ada menggunakan tag title? Ya!, gunanya untuk menulis judul pada halaman yang kita bisa lihat pada bagian Tab di web browser.

Pengertian DOCTYPE

Doctype adalah sebuah deklerasi yang digunakan untuk mengedentifikasikan suatu jenis dokemen HTMK yang digunakan sehingga web browser yang kiita gunakan dapat menentukan bagaimana memperlakukan Doctype ini. Untuk mengetahui susunan HTML yang pertama kali kita temukan dan harus dipelajari yaitu Doctype, lihatlah kode dibawah ini agar lebih jelas memahaminya:

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C// DTD XHTML 1.0 Transitional//EN" "http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">

Dimana kode di atas merupakan jenis XHTML 1.0 yang mana dokumen dengan deklarasi kode HTML-Nya yang akan diperlukukan dengan sangat ketat sesuai dengan rekomendasi dari W3C. Jika kita tidak menggunakan DTD, maka browser akan tetap menampilkan dan mempresos halaman web kita seperti tidak terjadi apa apa. Namun browser yang sebenarnya menjalakan halaman HTML tersebut pada mode khusus yang disebut dengan Quirk Mode. Pada Quirk Mode inilah web browser menerjemahkan halaman web dan terutama CSS sedikit berbeda dari seharusnya. Hal ini karena web browser menganggap jika tidak ada DTD maka halamaan tersebut kemungkinan adalah halaman web yang telah usang, dan menggunakan atran aturan yang berbeda agar dapat ditampilkan.

Pengertian Tag <html>

Tag <html> merupakan tag pembuka untuk keseluruhan halaman web. Semua elemen dan attribut ataupun kode HTML harus berada di tag <html>. Tag ini akaan diakhiri dengan </html>.

Pengertian Tag <head>

Tag <head> adalah isi dari berbagai definisi sebuah halaman web. Apakah pentingnya? Tag <head> ditugaskan untuk mengambil sampel kode seperti CSS, JavaScript, dan jQuery untuk mendesain sebuah halaman web. Dimana CSS akan menyusun halaman web agar lebih rapi dan berseragam, sedangkan JavaScript akan membuat animasi seperti teks bergerak dan gambar bergerak, kalau jQuery merupakan library dari JavaScript. Didalam <head> ada tag <title> yang berfungsi sebagai memberikan judul pada setiap halaman web. Contohnya pada halaman web, “Sekolah Program” akan tampil sebagai judul, bisa di lihat pada Tab web browser kita. Di tag inilah kita akan mendesain dan mengambil kode kodenya untuk membuat halaman web tampak hidup.

Pengertian Tag <body>

Tag <body> yang merupakan tag yang paling penting, dikarenakan tag <body> akan menampilkan semua elemen di dalam halaman web, seperti paragraf, list, tabel, link, gambar, form, dan lainnya. tag body ini akan ditutup dengan </body>. Kita akan menghabiskan waktu kita untuk menyusun halaman web didalam tag <body> ini.

Catatan: bagian bagian struktur HTML yang kita bahas kali ini merupakan struktur yang sangat sederhananya dan wajib kita hafal sebagai seorang programmer. Sebuah halaman web memiliki baris hingga ratusan bahkan ribuan baris yang terdiri berbagai bahasa pemograman, meskipun suatu halaman web memiliki beberpa bahasa pemograman struktur HTML yang kita pelajari saat ini akan tetap dipakai. Karena HTML merupakan bahasa pemograman dasar yang wajib kita hafal sebagai seorang programmer. Semoga bermanfaat!

Category HTMLTags Dasar HTML


  • Mari Tinggalkan Komentar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *